Langsung ke konten utama

VGA Card

VGA Card
Fungi VGA Card
        Apa sebenarnya video card atau yang biasa disebut kartu grafis? Apa fungsi video card dalam komputer Anda? Mungkin ini pertanyaan yang sudah kuno, tetapi kenyatannya masih sangat banyak pengguna yang tidak paham apalagi mampu mengenali kerusakan video card. Kartu grafis yang dikenal juga sebagai kartu video adalah bagian dari perangkat keras yang diinstal dalam komputer yang bertanggung jawab untuk rendering gambar pada monitor komputer atau layar tampilan. Kartu Grafis ada sangat banyak varietas baik barangnya maupun harganya.
Pertimbangan membeli video card.
  1. Pertimbangan pertama ketika membeli kartu grafis adalah memastikan bahwa ia mampu menampilkan resolusi monitor terbaik untuk komputer anda. Untuk Liquid Crystal Display (LCD) monitor ini berarti harus mendukung resolusi asli. Untuk monitor Cathode Ray Tube (CRT) tidak memiliki resolusi asli. Dalam hal ini, pastikan kartu grafis ini mampu mendukung resolusi tertinggi, walaupun pada monitor CRT akan sering digunakan pada resolusi yang lebih rendah.
  2. Pertimbangan kedua adalah on-board memori. Kartu grafis harus bekerja sangat keras untuk membuat gambar ke layar. Tidak seperti file teks, gambar grafis adalah file yang jauh lebih besar terdiri dari jumlah besar data yang harus diproses oleh kartu grafis atau video. Kartu grafis yang lebih cepat memiliki chip memori sendiri untuk melakukan fungsi ini agar tidak mengambil pada random access memory sistem (RAM).
          Ini tidak berarti bahwa kartu grafis dengan memori tersendiri akan memuaskan, tetapi banyak juga yang tergantung pada memori utama dari komputer dan mengambil sejumlah RAM utama. Sistem RAM yang lebih lebih simpel secara mekanik jika menggunakan onboard, tetapi untuk penggemar game dan multimedia, kartu grafis dengan memori tersendiri adalah pilihan yang lebih baik. Hal ini juga berlaku bagi mereka yang ingin menonton, bekerja dengan atau mengedit film.
            The graphics processing unit (GPU) adalah sebuah chip yang mirip dengan unit pengolahan komputer (CPU). GPU pada kartu grafis memproses data dalam garis sejajar disebut “pipelines” kartu grafis, semakin cepat ia dapat memproses data, semakin baik hasilnya. Beberapa komputer menggunakan kartu fitur dual GPU untuk performa tambahan. Faktor lain yang bermain dalam kinerja adalah termasuk kecepatan bus dan jenis memori on-board kartu grafis yang mendukung.
        Karena kartu grafis bekerja keras, maka ia menghasilkan panas. Untuk alasan inilah video card biasanya menggunakan built-in fans. Fans bisa diam atau berisik, tergantung pada model kartu. Performa tinggi kartu video tanpa kipas juga tersedia. Kartu ini menggunakan aluminium pendingin untuk menarik panas dari GPU. Keuntungan dari kartu grafis tanpa kipas adalah kurang kebisingan; kerugiannya adalah membebani memori utama. Jika memori RAM komputer Anda adalah 1024MB dan Anda menggunakan VGA card onboard maka sejumlah sekian MB akan disharing dari RAM kepada VGA. Dengan demikian maka memori utama akan muncul hanya 960MB misalnya.
            Memasang kartu grafis sangat mudah. Kartu ini memiliki interface yang dipasang ke port atau slot di dalam komputer pada motherboard. Motherboard yang lebih tua menawarkan Advanced Graphics Port (AGP) interface, sedangkan Motherboard yang lebih baru memiliki Peripheral Computer Interface Express (PCIe) interface. Sebuah kartu grafis PCIe tidak dapat diinstal ke slot AGP, dan visa-versa, jadi pastikan untuk mendapatkan kartu yang kompatibel dengan sistem Motherboard anda.
          Port eksternal pada kartu grafis dapat memungkinkan sebuah monitor tambahan yang terpasang untuk game atau untuk menampilkan grafis lanjutan yang dapat tersebar di dua monitor. Kartu grafis mungkin juga memiliki “S-Video Out” port untuk mengirimkan sinyal ke sebuah televisi, atau High Definition Multimedia Interface (HDMI) port.
            Harga VGA sangat bervariasi, para penggila game rata-rata menggunakan kartu grafis dalam kisaran harga 1-3 juta rupiah. Bagi seseorang yang menggunakan komputer untuk keperluan yang lebih
umum, kartu grafis lebih murah sudah cukup untuk melakukan pekerjaan. Yang penting bisa menampilkan pekerjaan.

KOMPONEN DASAR VGA CARD
1. GPU (graphic processor unit), didalam VGA car terdapat prosesor yang mengantikan tugas prosesor utama yang mengatur kinerja VGA.
2. Memori, GPU memerlukan memori yang membantu dalam menyimpan instruksi sementara yang diberikan oleh prosesor sehingga kinerja pada VGA dapat mengimbangi kelas komponen hardware lain yang ada di dalam komputer.
3. Interface, adalah kemampuan GPU untuk menunjang kinerja layar dalam menampilkan jumlah akselerasi output warna pada layar sehingga dapat menampilkan warna yang natural (seperti gambar aslinya).

TROUBLESHOOTING
Gejala Kerusakan
Analisa Kerusakan
Solusi
Tidak ada gambar apapun dilayar monitor.
Konektor layar tidak terpasang pada VGA card atau konektor tidak terpasang dengan baik.
Pastikan konektor layar sudah terpasang dengan baik dan benar pada slot yang sesuai dengan VGA card yang terletak di belakang casing.
Pada saat komputer dihidupkan, terdengar bunyi bip bagus atau bunyi bip 2x, tetapi tidak mengeluarkan tampilan gambar apa pun di layar.
Hal ini akibat pemasangan VGA card tidak pas atau benar pada slot PCI atau AGP yang terdapat di mainboard atau karena VGA card yang digunakan sudah rusak.
1. Periksa dan pasangkan VGA card dengan benar dan pas pada slot yang sesuai dengan VGA card yang digunakan pada mainboard.
2. Ganti VGA card dengan yang baru.
Komputer hidup dengan normal, tetapi tampilan di layar terdapat huruf yang berkedip-kedip atau muncul garis.
VGA card sudah rusak.
Ganti VGA card yang rusak dengan yang baru. Sesuaikan dengan penggunaan komputer.

Sumber :
1.      http://agussale.com/penjelasan-dan-fungsi-vga-card
2.      http://okaybelinyu378.blogspot.com/2009/11/komponen-dasar-vga-card-beserta.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tiket UM Gunadarma

          Malem-malem gini enakan ngepost blog sambil dengerin lagu Nano. Mantap. Dan biasanya gua bakal langsung curhat sama blog gua daripada temen sendiri karena terkadang temen suka lemes mulutnya alias ember pasar yang bisa jebol kapan saja. Dimulai dengan bangun jam 06.30 wib tgl 2 oktober 2013. Rencananya gua mau pergi ke Gunadarma Depok bareng sama temen gua naik kereta. Pukul 8 kurang, gua tiba di stasiun Kranji dan  pukul 8 pas gua berangkat menuju stasiun Manggarai. Entah mengapa saking penuhnya penumpang mungkin keretanya jadi lambat dan memakan waktu 45 menit dari Kranji ke Manggarai. Lama bener dah.           Lanjut menuju ke stasiun Pondok Cina, tibalah gua pukul 09.30 tapi harus nungguin temen dulu yang masih distasiun Tebet -_-. Pukul sepuluh pas barulah gua menuju Kampus Gunadarma Depok. Niat gua kesini adalah untuk beli satu tiket Ujian Mandiri karena nilai gua yang buruk. Ya hanya satu tiket gua harus kaget terkaget melihat antrian loketnya seperti antrian semba

WAR CLAN POINT BLANK....

Gw punya clan PB nih namanya *{a.5.3}=Master* . Clan ini bisa war SG weapon maupun ALL weapon. Gw akui nih jago aja (klo bgt nanti gw disurakin ma temen gw). Gimana gk, clan yang berpangkat Battletank mpe Headhunter yg semua pemainnya rata2 pada pake karakter robot ma headgear, tetapi ternyata dapat dikalahkan sama clan gw yg berpangkat Blackfoot dan cuma modal Spass ma karakter point.Dan yg pastinya tanpa cheat lho. Heheheh.... Nih preview skor *{a.5.3}=Master ketika menang war clan.... Tetapi sekarang WR clan gw jadi 49,34. Gw yakin pasti ada yg war sembarangan. Padahal gw ma temen2 gw klo war jarang kalah. Palingan clan gw kalah gara2 cheat, anggotanya banyak yg kabur atau mungkin mank udah takdir kali. Hahahah.   Bagi yg mau gabung ma clan *{a.5.3}=Master* , silakan join aja di grup facebook {a53}master. Nanti PM aja Master Clan nya yaitu Vino Dewa ( ||VENOM|| ). Trus tinggal dites maen SGnya apakah pro atau tidak maen SGnya. Salam semangat dr gw ( Bang_Ashyik ). Hahahaa.

Tiga Software Wajib Untuk PC

    Harddisk merupakan salah satu komponen perangkat keras yang ada disetiap PC. Komponen yang satu ini tidak kalah penting daripada prosessor dan memori. Karena meskipun disebuah PC terdapat prossesor Core i7 dengan kecepatan 3.0 Ghz kemudian disuntik dengan tenaga memori sekitar 4 Gb tetapi harddisknya lambat, maka sama aja seperti macan ompong.     Biasanya harddisk mulai bekerja lambat disebabkan karena sudah berumur tua dan menumpuknya sampah-sampah pada komputer. Sampah-sampah tersebut biasanya berupa jejak kita setelah menggunakan komputer atau registry yang tidak terawat setelah kita menginstall maupun menguninstall sebuah program. Bila didiamkan saja, akan menimbulkan masalah harddisk terasa lambat karena sampah dan data registry tidak karuan menumpuk.    Oleh karena itu, kita memerlukan software untuk membersihkan sampah-sampah tersebut dengan bersih dan baik. Disini saya akan share software tersebut agar harddisk komputer anda bersih dan terawat. Revo Uninstaller Adala