Langsung ke konten utama

Konsepsi Ilmu Budaya Dasar dalam Kesusastraan

Pendekatan Sastra

            1. Pengertian Sastra

            Secara etimologis kata sastra berasal dari bahasa sansekerta, dibentuk dari akar kata sas- yang berarti mengarahkan, mengajar dan memberi petunjuk. Akhiran –tra yang berarti alat untuk mengajar, buku petunjuk..Secara harfiah kata sastra berarti huruf, tulisan atau karangan. Kata sastra ini kemudian diberi imbuhan su- (dari bahasa Jawa) yang berarti baik atau indah, yakni baik isinya dan indah bahasanya. Selanjutnya, kata susastra diberi imbuhan gabungan ke-an sehingga menjadi kesusastraan yang berarti nilai hal atau tentang buku-buku yang baik isinya dan indah bahasanya. 
            Selain pengertian istilah atau kata sastra di atas, dapat juga dikemukakan batasan / defenisi dalam berbagai konteks pernyataan yang berbeda satu sama lain. Kenyataan ini mengisyaratkan bahwa sastra itu bukan hanya sekedar istilah yang menyebut fenomena yang sederhana dan gampang.
           Sastra merupakan istilah yang mempunyai arti luas, meliputi sejumlah kegiatan yang berbeda-beda. Kita dapat berbicara secara umum, misalnya berdasarkan aktivitas manusia yang tanpa mempertimbangkan budaya suku maupun bangsa. Sastra dipandang sebagai suatu yang dihasilkan dan dinikmati. Orang-orang tertentu di masyarakat dapat menghasilkan sastra. Sedang orang lain dalam jumlah yang besar menikmati sastra itu dengan cara mendengar atau membacanya.
   

           2.  Peran Sastra
  Peran sastra dalam pembentukan  karakter  bangsa tidak hanya didasarkan pada nilai yang terkandung di dalamnya. Pembelajaran sastra  yang bersifat apresiatif pun sarat dengan pendidikan karakter. Kegiatan membaca, mendengarkan, dan menonton karya sastra pada hakikatnya menanamkan  karakter tekun, berpikir kritis, dan berwawasan luas. Pada saat yang bersamaan dikembangkan kepekaan perasaan sehingga pembaca cenderung cinta kepada kebaikan dan membela kebenaran.

Pada kegiatan menulis karya sastra, dikembangkan karakter tekun, cermat, taat, dan kejujuran. Sementara itu, pada kegiatan dokumentatif dikembangkan karakter ketelitian, dan berpikir ke depan (visioner).

Pada masa lampau cerita yang dituturkan orang tua atau guru, dan pepatah yang ditempel di dinding sekolah mampu menjadi  media pendidikan moral. Mengingat akan hal itu,  kita berharap sastra dan pengajaran apresiasi sastra, baik di sekolah maupun di masyarakat  pada kini  dapat perperan   dalam  pembentukan karakter bangsa.

           3. Hubungan Sastra dan Seni dengan Ilmu Budaya Dasar
          Masalah sastra dan seni sangat erat hubungannya dengan ilmu budaya dasar, karena materi – materi yang diulas oleh ilmu budaya dasar ada yang berkaitan dengan sastra dan seni.Budaya Indonesia sanagat menunjukkan adanya sastra dan seni didalamnya.
        Latar belakang IBD dalam konteks budaya, negara dan masyarakat Indonesia berkaitan dengan masalah sebagai berikut :
  1. Kenyataan bahwa bangsa indonesia berdiri atas suku bangsa dengan segala keanekaragaman budaya yg tercemin dalam berbagai aspek kebudayaannya, yg biasanya tidak lepas dari ikatan2 primordial, kesukaan, dan kedaerahan . 
  2. Proses pembangunan yg sedang berlangsung dan terus menerus menimbulkan dampak positif dan negatif berupa terjadinya perubahan dan pergeseran sistem nilai budaya sehingga dengan sendirinya mental manusiapun terkena pengaruhnya . 
  3. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menimbulkan perubahan kondisi kehidupan mausia, menimbulkan konflik dengan tata nilai budayanya, sehingga manusia bingung sendiri terhadap kemajuan yg telah diciptakannya.


Ilmu Budaya Dasar yang dihubungkan dengan prosa
         
          1.  Pengertian Prosa
       
       
Prosa adalah suatu jenis tulisan yang dibedakan dengan puisi karena variasi ritme (rhythm) yang dimilikinya lebih besar, serta bahasanya yang lebih sesuai dengan arti leksikalnya. Kata prosa berasal dari bahasa Latin "prosa" yang artinya "terus terang". Jenis tulisan prosa biasanya digunakan untuk mendeskripsikan suatu fakta atau ide. Karenanya, prosa dapat digunakan untuk surat kabar, majalah, novel, ensiklopedia, surat, serta berbagai jenis media lainnya.prosa juga dibagi dalam dua bagian,yaitu prosa lama dan prosa baru,prosa lama adalah prosa bahasa indonesia yang belum terpengaruhi budaya barat,dan prosa baru ialah prosa yang dikarang bebas tanpa aturan apa pun.
            
             2.  Jenis-jenis Prosa
             Prosa biasanya dibagi menjadi empat jenis:
             - Prosa naratif
             - Prosa deskriptif
             - Prosa eksposisi
             - Prosa argumentatif

              3.  Prosa Lama
             Prosa lama adalah prosa yang hidup dan berkembang dalam masyarakat lama Indonesia. Komponen prosa lama adalah sebagai berikut:
  1. Pantun : bentuk puisi yang terdiri atas 4 baris yang bersajak bersilih dua-dua (ab-ab).
  2. Gurindam : puisi Melayu lama yang terdiri dari dua larik (baris), mempunyai irama akhir yang sama dan merupakan satu kesatuan yang utuh.
  3. Mantera : merupakan salah satu genra puisi Melayu tradisional yang diwarisi sejak zaman primitif, prasejarah dan animisme.
  4. Talibun : sejenis puisi lama seperti pantun karena mempunyai sampiran dan isi, tetapi lebih dari 4 baris ( mulai dari 6 baris hingga 20 baris).
  5. Sage : cerita lama yang berhubungan dengan sejarah, yang menceritakan keberanian, kepahlawanan, kesaktian dan keajaiban seseorang. 
             4.  Prosa Baru
          Prosa Baru adalah prosa yang dikarang bebas tanpa aturan apapun. Komponen dalam Prosa Baru adalah sebagai berikut :

  1. Novel : sebuah karya fiksi prosa yang tertulis dan naratif, biasanya dalam bentuk cerita. Penulis novel disebut novelis. Kata novel berasal dari bahasa italia novella yang berarti “sebuah kisah, sepotong berita”.
  2. Biografi : kisah atau keterangan tentang kehidupan seseorang. Sebuah biografi lebih kompleks daripada sekedar daftar tanggal lahir atau mati dan data-data pekerjaan seseorang, biografi juga bercerita tentang perasaan yang terlibat dalam mengalami kejadian-kejadian tersebut.
  3. Cerpen : cerita yang berbentuk naratif. Jadi cerpen bukan argumentasi atau analisa atau deskripsi.
  4. Drama : salah satu bentuk karya sastra yang memiliki bagian untuk diperankan oleh aktor. Kosakata ini berasal dari bahasa yunani yang berarti “aksi”, “perbuatan”.
  5. Soneta : salah satu bentuk sastra baru yang berasal dari Italia. Soneta masuk kedalam sastra Indonesia baru



Nilai-nilai dalam prosa fiksi


         1. Pengertian prosa fiksi

 Prosa fiksi dalah prosa yang mempunyai nilai-nilai yang diperoleh pembaca lewat sastra. Adapun nilai-nilai yang diperoleh pembaca lewat sastra antara lain :
  1. Prosa fiksi memberikan kesenangan
    Keistimewaan kesenangan yang diperoleh dari membaca fiksi adalah pembaca mendapatkan pengalaman sebagairrrana mengalaminya sendiri peristiwa itu peristiwa ataukejadian yang dikisahkan.
     
  2. Prosa fiksi memberikan informasi
    Fiksi memberikan sejenis infonnasi yang tidak terdapat di dalam ensiklopedi. Dalamnovel sering kita dapat belajar sesuatu yang lebilr daripada sejarah atau laporan jumalistiktentang kehidupan masa kini, kehidupan masa lalu, bahkan juga kehidupan yang akan datangatau kehidupan yang asing sama sekali.
     
  3. Prosa fiksi memberikan warisan kultural
    Prosa fiksi dapat menstimuli imaginasi, dan merupakan sarana bagi pemindahan yangtak henti-hentinya dari warisan budaya bangsa.
     
  4. Prosa memberikan keseimbangan wawasan
    Lewat prosa fiksi seseorang dapat menilai kehidupan berdasarkan pengalaman-pengalaman dengan banyak individu. Fiksi juga memungkinkan labih banyak kesempatanuntuk memilih respon-respon emosional atau rangsangan aksi yang mungkin sangat berbeda daripada apa yang disajikan dalam kehidupan sendiri.
                   2. Dua karya sastra
  Karya sastra dapat dibagi menjadi dua; Karya sastra yangmenyuarakan aspirasi jamannya, dan karya sastra yang menyuarakan gejolak jamannya. Adajuga yang tentunya menyuarakan kedua-duanya.
          Karya sastra yang menyuarakan aspirasi jamannya mengajak pembaca untuk mengikutiapa yang dikehendaki jamannya. Kebanyakan karya sastra Indoensia di jaman Jepang yang dikelompokkan ke dalam kelompok ini.
         Karya sastra yang menyuarakan gejolak jamannya, biasanya tidak mengajak pembaca untuk melakukan sesuatu, akan tetapi untuk merenung. Kedua macam karya sastra itu selalu menyampaikan masalah. Masalah ini disampaikan dengan jalan menyajikan interaksi tokoh-tokohnya. Masing-masing tokoh mempunyai temperamen, pendirian, dan kemauan yang berbeda-beda.


           4.  Contoh prosa lirik berbentuk puisi


           ”O, Allah, Gusti nyuwun ngapura

            Saya lebih patut sebagai biyung emban

            Saya lebih patut sebagai Limbuk

            Begutulah ledekan tukang becak

            Yang biasa saya dengar

            O, betapa anyel ati saya dibuatnya

            Bila sudah begini, saya suka sewot

            Meskipun terhadap saya sendiri jua

            Tapi bila sudah eling lagi

            Saya ketawa cekikikan pula"



Ilmu Budaya Dasar yang dihubungkan dengan puisi


           1. Pengertian Puisi
    
Puisi adalah ekspresi pengalaman jiwa penyair mengenal kehidupan manusia, alam, dan Tuhan melalui media bahasa yang artistic/esthetic, yang secara padu dan utuh dipadatkan kata – katanya.



           2.  Kreativitas Penyair pada Sebuah puisi
  Kepuitisan, keartistikan atau keestetikan bahasa puisi disebabkan oleh kreativitas penyair dalam membangun puisinya dengan menggunakan :
  1. Figura bahasa ( figurative language ) seperti gaya personifikasi, metafora, perbandingan,alegori, dsb sehingga puisi menjadi segar, hidup, menarik dan memberi kejelasan gambaran angan. 
  2. Kata-kata yang ambiquitas yaitu kata-kata yang bermakna ganda, banyak tafsir. 
  3. Kata-kata berjiwa yaitu kata-kata yang sudah diberi suasana tertentu, berisi perasaan dan pengalaman jiwa penyair sehingga terasa hidup dan memukau. 
  4. Kata-kata yang konotatif yaitu kata-kata yang sudah diberi tambahan nilai-nilai rasa dan asosiasi-asosiasi tertentu. 
  5. Pengulangan, yang berfungsi untuk mengintensiflcan hal-hal yang dilukiskan, sehingga lebih menggugah hati.
         3.  Alasan-alasan Dasar Puisi dalam Ilmu Budaya Dasar
 Adapun alasan-alasan yang mendasari penyajian puisi pada perkuliahan Ilmu BudayaDasar adalah sebagai berikut :

         l. Hubungan puisi dengan pengalaman hidup manusia
 Perekaman dan penyampaian pengalaman dalam sastra puisi disebut “pengalamanperwakilan”. Ini berarti bahwa manusia senantiasa ingin memiliki salah satu kebutuhan dasamyauntuk lebih menghidupkan pengalaman hidupnya dari sekedar kumpulan pengalaman langsung yang terbatas.

 2. Puisi dan keinsyafan/kesadaran individual.
 Dengan membaca puisi mahasiswa dapat diajak untuk dapat menjenguk hati/pikiranmanusia, baik orang lain maupun diri sendiri, karena melalui puisinya sang penyairmentmjukkan kepada pembaca bagian dalam hati manusia, ia menjelaskan pengalaman setiap orang.

3. Puisi dan keinsyafan sosial
Puisi juga memberikan kepada manusia tentang pengetahuan manusia sebagai mahluksosial, yang terlibat dalam isue dan problem sosial. Secara imaginatif puisi dapat menafsirkansituasi dasar manusia sosial yang bisa berupa :
- penderitaan atas ketidak adilan
- perjuangan untuk kekuasaan
- konflik dengan sesamanya
        - pemberontakan terhadap hukum Tuhan.
       4. Contoh Puisi
LAUT YANG RAMAI
by Ayi Jufridar

Laut mendadak ramai
deburan ombak terseret angin
ke tengah samudera itu
sedang di bibir pantai
orang saja menari-nari

Laut mengundang sehamparan gunung samudera
datanglah dari penjuru segala
melihat kami menari
menjelang akhir sodorkan air
ketika tubuh bermandi peluh
tapi jangan suguhkan seudati*)
sebab ia sudah mati

Datang,
datanglah dari penjuru segala
ramaikan laut kami yang sepi
dengan lagumu yang sarat cinta

Lhokseumawe, Juni 2005
*) nama tarian terkenal Aceh


Sumber :
Widyo Nugroho dan Achmad Muchji .1996. Ilmu Budaya Dasar. Jakarta : Gunadarma
http://ariesandrianto.blogspot.com/2012/03/konsepsi-ilmu-budaya-dasar-dalam.html



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tiket UM Gunadarma

          Malem-malem gini enakan ngepost blog sambil dengerin lagu Nano. Mantap. Dan biasanya gua bakal langsung curhat sama blog gua daripada temen sendiri karena terkadang temen suka lemes mulutnya alias ember pasar yang bisa jebol kapan saja. Dimulai dengan bangun jam 06.30 wib tgl 2 oktober 2013. Rencananya gua mau pergi ke Gunadarma Depok bareng sama temen gua naik kereta. Pukul 8 kurang, gua tiba di stasiun Kranji dan  pukul 8 pas gua berangkat menuju stasiun Manggarai. Entah mengapa saking penuhnya penumpang mungkin keretanya jadi lambat dan memakan waktu 45 menit dari Kranji ke Manggarai. Lama bener dah.           Lanjut menuju ke stasiun Pondok Cina, tibalah gua pukul 09.30 tapi harus nungguin temen dulu yang masih distasiun Tebet -_-. Pukul sepuluh pas barulah gua menuju Kampus Gunadarma Depok. Niat gua kesini adalah untuk beli satu tiket Ujian Mandiri karena nilai gua yang buruk. Ya hanya satu tiket gua harus kaget terkaget melihat antrian loketnya seperti antrian semba

WAR CLAN POINT BLANK....

Gw punya clan PB nih namanya *{a.5.3}=Master* . Clan ini bisa war SG weapon maupun ALL weapon. Gw akui nih jago aja (klo bgt nanti gw disurakin ma temen gw). Gimana gk, clan yang berpangkat Battletank mpe Headhunter yg semua pemainnya rata2 pada pake karakter robot ma headgear, tetapi ternyata dapat dikalahkan sama clan gw yg berpangkat Blackfoot dan cuma modal Spass ma karakter point.Dan yg pastinya tanpa cheat lho. Heheheh.... Nih preview skor *{a.5.3}=Master ketika menang war clan.... Tetapi sekarang WR clan gw jadi 49,34. Gw yakin pasti ada yg war sembarangan. Padahal gw ma temen2 gw klo war jarang kalah. Palingan clan gw kalah gara2 cheat, anggotanya banyak yg kabur atau mungkin mank udah takdir kali. Hahahah.   Bagi yg mau gabung ma clan *{a.5.3}=Master* , silakan join aja di grup facebook {a53}master. Nanti PM aja Master Clan nya yaitu Vino Dewa ( ||VENOM|| ). Trus tinggal dites maen SGnya apakah pro atau tidak maen SGnya. Salam semangat dr gw ( Bang_Ashyik ). Hahahaa.

Tiga Software Wajib Untuk PC

    Harddisk merupakan salah satu komponen perangkat keras yang ada disetiap PC. Komponen yang satu ini tidak kalah penting daripada prosessor dan memori. Karena meskipun disebuah PC terdapat prossesor Core i7 dengan kecepatan 3.0 Ghz kemudian disuntik dengan tenaga memori sekitar 4 Gb tetapi harddisknya lambat, maka sama aja seperti macan ompong.     Biasanya harddisk mulai bekerja lambat disebabkan karena sudah berumur tua dan menumpuknya sampah-sampah pada komputer. Sampah-sampah tersebut biasanya berupa jejak kita setelah menggunakan komputer atau registry yang tidak terawat setelah kita menginstall maupun menguninstall sebuah program. Bila didiamkan saja, akan menimbulkan masalah harddisk terasa lambat karena sampah dan data registry tidak karuan menumpuk.    Oleh karena itu, kita memerlukan software untuk membersihkan sampah-sampah tersebut dengan bersih dan baik. Disini saya akan share software tersebut agar harddisk komputer anda bersih dan terawat. Revo Uninstaller Adala